Teknologi pendidikan sekarang sangat jauh berkembang.
Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat proses pembelajaran
lebih cepat dan efektif. Kita masih ingat untuk mendapatkan sebuah bacaan
berupa buku sangat sulit, apalagi di tempat-tempat pelosok. Mereka hanya bisa
mengandalkan guru-guru mereka sebagai sumber tunggal materi. Berbeda dengan
sekarang, perkembangan teknologi telah membawa banyak perubahan bagi dunia
pendidikan. Sebut saja teknologi yang sangat berperan penting adalah layanan
internet. Hanya mengetik kata yang berhubungan dengan informasi yang kita ingin
cari pada web search engine, maka dengan cepat kita akan mendapatkan informasi
tersebut.
Berikut
beberapa definisi teknologi pendidikan :
1.
Suatu
cara yang sistematis dalam mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi proses
keseluruhan dari belajar dan pembelajaran dalam bentuk tujuan pembelajaran yang
spesifik, berdasarkan penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada
manusia dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar dari manusia maupun
non-manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif. Dengan demikian, sejak
tahun 1970an, sudah ada pandangan bahwa manusia (dalam hal ini guru ) bukanlah
satu-satunya sumber belajar.
2.
Menurut
Tom Cutchall (1999) teknologi pendidikan merupakan penelitian
dan aplikasi ilmu perilaku dan teori belajar dengan menggunakan pendekatan
sistem untuk melakukan analisis , desain, pengembangan, implementasi, evaluasi
dan pengelolaan penggunaan teknologi untuk membantu memecahkan masalah belajar
dan kinerja. Tujuan utamanya adalah pemanfaatan teknologi untuk membantu
memecahkan masalah belajar dan kinerja manusia
3.
Teknologi
pendidikan
adalah satu bidang dalam memfasilitasi belajar manusia melalui identifikasi,
pengembangan, pengorganisasian dan pemanfaatan secara sistematis seluruh sumber
belajar dan melalui pengelolaan proses kesemuanya itu. Obyek formal menurut
pengertian ini adalah bagaimana memfasilitasi belajar.
4.
Teknologi
Pendidikan adalah proses kompleks yang
terintegrasi meliputi orang, prosedur , gagasan, sarana dan organisasi untuk
menganalisis masalah dan merancang, melaksanakan, menilai dan mengelola
pemecahan masalah dalam segala aspek belajar manusia. Obyek formal teknologi
pendidilkan adalah memecahkan masalah belajar manusia. Dilakukan dengan cara
menganalisis masalah terlebih dahulu, baru kemudian melaksanakan, menilai dan
mengelola pemecahan masalah tersebut.
5.
Definisi
terbaru, teknologi pendidikan adalah studi dan praktek etis dalam upaya
memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan,
menggunakan atau memanfaatkan, dan mengelola proses dan sumber-sumber teknologi
yang tepat.
Jelas, tujuan utamanya masih tetap
untuk memfasilitasi pembelajaran (agar efektif, efisien dan menarik) dan
meningkatkan kinerja.
Berdasarkan
definisi-definisi diatas dapat disimpulkan bahwa:
·
Teknologi
pendidikan adalah suatu disiplin /bidang (field of study)
·
Istilah
teknologi pembelajaran dipakai bergantian dengan istilah teknologi pendidikan
·
Tujuan
utama teknologi pembelajaran adalah o Untuk memecahkan masalah belajar atau
memfasilitasi pembelajaran; dan o Untuk meningkatkan kinerja ;
·
Dalam
mewujudkan tersebut menggunakan pendekatan sistemi (pendekatan yag
holistik/komprehensif, bukan pendekatan yang bersifat parsial);
·
Kawasan
teknologi pendidikan dapat meliputi kegiatan yang berkaitan dengan analisis,
desain, pengembangan, pemanfaatan , pengelolaan, implementasi dan evaluasi baik
proses-proses maupun sumber-sumber belajar.
·
Teknologi
pembelajaran tidak hanya bergerak di persekolahan tapi juga dalam semua
aktifitas manusia (seperti perusahaan, keluarga , organisasi masyarakat, dll)
sejauh berkaitan dengan upaya memcahkan masalah belajar dan peningkatan
kinerja.
·
Yang
dimaksud dengan teknologi disini adalah teknologi dalam arti yang luas, bukan
hanya teknologi fisik (hardtech), tapi juga teknologi lunak (softtech).
Read more: http://www.artikelbagus.com/2012/03/artikel-teknologi-pendidikan.html#ixzz3rQbAQqrv
Tidak ada komentar:
Posting Komentar